Tuesday 16 July 2013

Berbukalah dengan yang Manis!

Buka puasa

Selama menjalankan puasa perut kita kosong, kurang lebih sekitar 12 jam lamanya, hal ini mengakibatkan kadar gula darah dalam tubuh kita menurun, sehingga sangat di anjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis. Makanan yang manis atau mengandung gula sangat baik untuk mengembalikan kadar gula dalam tubuh, zat gula mudah diserap  tubuh sehingga membantu tubuh terasa segar kembali. Tapi tidak disarankan untuk mengkonsumsi semua makanan yang mengandung gula di saat berbuka.
Tentunya sesuatu yang berlebihan akan berakibat tidak baik, begitupun kadar gula berlebih dalam tubuh juga tidak baik atau dengan kata lain menjadi penyakit. Lantas makanan manis apa saja yang baik untuk berbuka puasa sekaligus di contohkan oleh Nabi?
Sebenarnya Nabi berbuka dengan rutab, atau tamar atau air. Rutab di negara kita dikenal dengan kurma yang yang telah masak sebelum menjadi tamar kering, ia lembut dan manis. Karena rutab dan tamar jarang ditemui di daerah kita, kita bisa mengkonsumsi makanan yang manis dan baik juga untuk kesehatan semisal kue lebaran, atau kalau Anda mau makan  kolak saat berbuka puasa, ada bainya untuk memilih kolak pisang. Kolak pisang biasanya dicampur dengan labu kuning, ubi jalar, sekotang, kolang-kaling, campuran kolak tersebut, mengandung gula alami yang baik bagi tubuh.

No comments :

Post a Comment