Saturday 13 July 2013

Kue Lebaran; Kue Nastar

Kue Nastar

Hari ini kita menginjak hari keempat kita berpuasa, bertepatan dengan akhir pekan lagi, jadi kita punya banyak waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga. Alangkah baiknya bila Anda sekeluarga mencoba untuk membuat kue lebaran, memang sih lebaran masih 3 pekan lagi, tapi kue kering kan bisa tahan lama, itung-itung ngabuburit nunggu bedug magrib tidak ada salahnya kita mencoba membuat kue. Jadi nanti menjelang lebaran kita tidak usah berdesak-desakn di pasar lagi, karena biasanya dua pekan menjelang perayaan lebaran kebutuhan untuk sandang dan pangan menaik tajam, harga pun melonjak naik, termasuk harga parcel lebaran dan kue lebaran harganya berlipat-lipat mahalnya karena sangat diincar pembeli di pasar.
Kali ini penulis akan memaparkan cara membuat kue nastar, kue ini sangat populer disaat lebaran, kuenya berbentuk bulat dan mudah dibuat juga rasanya manis sehingga sangat tepat untuk jamuan lebaran. Langkah pertama siapkan bahan-bahannya: 250gram Tepung terigu; 175gram Mentega; 25gram Tepung Maizena; 2sdm susu bubuk; 60gram gula halus; 3 butir telur untuk adonan; 1 butir telur untuk olesan; 120gram gula pasir; 3cm kayu manis; 1/2sdm garam; 1/2 buah nanas.
Selanjutnya membuat selai nanas dengan merebus nanas yang sudah di parut, masukan gula pasir, garam dan kayu manis, aduk sampai berbentuk selai , angkat sisihkan. Nah cara membuat kuenya sebagai berikut:
1.          Campurkan tepung terigu , tepung maizena , susu bubuk dan di ayak;
2.          Kocok mentega , gula halus dan kuning telur;
3.          Campurkan semua adonan aduk rata menggunakan spatula hingga adonan mudah di bentuk;
4.          Ambil adonan , dan bentuk bulatan yang di isi dengan selai nanas
5.          olesi dengan kuning telur;
6.          Tata di atas loyang yang sudah di olesi margarin;
7.          Panggan selama 25 menit , ambil sisihkan;
8.          Masukan kue nastar dalam toples lalu tutup rapat.
Selamat mencoba!

No comments :

Post a Comment