Friday 12 July 2013

Kue Lebaran untuk Berbuka Puasa


Kue Putri Salju

Hari ini sudah memasuki hari ketiga di bulan puasa, kita sudah mulai terbiasa dengan aktivitas ibadah puasa. Tentunya menjelang magrib kita menyiapkan hidangan berbuka puasa, nah apa tuntunan Nabi dalam berbuka puasa. Diantaranya kita disarankan untuk ta’jil al-ifthar yakni menyegerakan berbuka puasa apabila waktunya telah tiba, hal ini sesuai dengan hadith Nabi yang terdapat dalam sahih Muslim dan Sahih Bukhari dari Sa’ad bahwa Rasulullah bersabda: “Manusia sentiasa dalam kebaikan selagi mereka menyegerakan berbuka puasa.”
Kemudian berbuka dengan makan-makanan yang manis, sebenarnya Nabi berbuka dengan rutab, atau tamar atau air. Rutab di Negara kita dikenal dengan kurma yang yang telah masak sebelum menjadi tamar kering, ia lembut dan manis. Karena rutab dan tamar jarang ditemui di daerah kita, kita bisa mengkonsumsi makanan yang manis-manis semisal kue-kue lebaran, atau juga bisa ditambah teh manis.

Memakan makanan yang manis sewaktu berbuka puasa sangat baik untuk tubuh, karena selama 6 sampai 8 perut kita kosong sehingga jumlah gula dalam tubuh berkurang, sehingga makanan yang manis sewaktu buka puasa bisa mengisi kekurangan itu. Kue lebaran yang manis terdiri dari kue kacang, kue putri salju bisa menjadi alternatif menu buka puasa. 

No comments :

Post a Comment