Friday 12 July 2013

Kue Lebaran Jakarta

Kue Lebaran Jakarta

Ibadah puasa selalu memberi  kesan mendalam bagi setiap muslim, di seluruh penjuru dunia bulan Ramadhan disambut dengan meriah, masjid-masjid di percantik,menu buka puasa dihidangkan, kue lebaran disiapkan, shalat taraweh berjama’ah menyemarakan masjid, membaca qur’an di masjid, tradisi bangun sahur menjadikan malam seakan tak pernah sepi. Kesemarakan ramadhan juga bisa dilihat di Jakarta, kota yang paling semarak Adzannya di seluruh negeri.
Suasana puasa benar-benar mencolok bila dibandingkan dengan sebelas bulan lainnya, sepanjang jalan banyak orang yang mendadak jualan, biasanya menu buka puasa seperti es campur, kolek pisang, kolek candil, sop buah, bubur sum-sum, kurma ta’jil dan menu khas buka puasa lainnya. Tapi suasana semarak Jakarta tidak bisa disaksikan lagi di pekan terkahir ramadhan, karena memasuki pekan mudik lebaran. Penduduk Jakarta yang mayoritas pendatang memilih merayakan lebaran di kampung halamannya.

Mudik ke kampung halaman menjadi rutinitas tahunan bagi mayoritas warga Jakarta, momen lebaran ini dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung, berziarah ke makam leluhur. Dan jangan heran kalau para pemudik ini membawa barang bawaan yang banyak, biasanya mereka membawa kue lebaran Jakarta sebagai parcel lebaran untuk sanak family di kampung.

No comments :

Post a Comment