Thursday 11 July 2013

Kue Lebaran Ciri Khas Kuliner Indonesia

Libra Cake Ucapan

Indonesia adalah Negara kepulauan terluas di dunia, lebih dari 18 ribu pulau berjejer di Negara yang terkenal dengan nusantara. Luasnya wilayah Indonesia menjadikan keragaman suku, agama, sosial, bahasa, termasuk memiliki ribuan kuliner. Sudah tentu perbedaan kuliner berdasarkan suku biasa kita lihat dari warung makan pinggir jalan, ada masakan padang, masakan sunda, makanan khas Jawa. Yang lebih spesifik lagi misalnya menu soto, ada coto makasar, soto betawi, soto kudus, soto Madura, soto Bandung, soto Ternate, dan sederet soto lainnya.
Indonesia memiliki 5 agama yang diakui oleh pemerintah, yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Budha, dan Hindu. Negara ini menyandang status Negara penduduk Muslim terbesar di dunia. Kali ini kita akan salah satu aspek agama yang melekat adalah kuliner khas yang identik menjadi bagian dari tradisi. Dalam tradisi Katolik ada roti dan anggur perjamuan, dalam agama Hindu juga ada makanan serba manis semacam kue lebaran yang di sajikan disaat hari raya Nyepi.

Umat Islam selama bulan Ramadhan melaksanakan ibada puasa, di akhir bulan mereka menyelenggarakan hari raya. Umat Muslim menyediakan ketupat, opor ayam, kue lebaran berupa kue camilan yang terdiri dari kue kacang, kue nastar, kue keju, kue putri salju. Selain itu di hari raya umat islam biasa saling mengirim parcel lebaran.

No comments :

Post a Comment